User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Infeksi saluran kencing sangat umum terutama pada wanita, bayi dan orang tua. Obat untuk infeksi saluran kencing tidak dijual dipasaran. Jadi untuk mengobati infeksi saluran kencing harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sekitar 1 dari 2 wanita dan 1 dari 20 pria akan mendapatkan infeksi saluran kencing dalam hidupnya.

Ginjal mengontrol jumlah air dalam darah dan menyaring kotoran untuk membentuk urine. Setiap ginjal memiliki tabung yang disebut ureter yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih. Air seni meninggalkan ginjal melalui ureter dan memasuki kandung kemih. Air kencing meninggalkan tubuh melalui sebuah tabung yang disebut uretra.

Sistem kemih dirancang untuk meminimalkan risiko serius di ginjal. Yang dilakukan dengan mencegah urine mengalir kembali ke ginjal dari kandung kemih. Sebagian besar infeksi saluran kencing terbatas pada kandung kemih dan sementara menyebabkan gejala yang lumayan serius dalam kehidupannya, baik pada pria maupun pada wanita.

Apa Itu Infeksi Saluran Kencing?


Infeksi saluran kencing adalah infeksi pada sistem kemih termasuk :

• Kandung kemih

Organ yang mengumpulkan dan menyimpan urine.

• Uretra

Tabung atau wadah yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari tubuh.

Ada 2 macam infeksi saluran kencing yaitu cystitis dan urethritis. Cystitis adalah infeksi pada kandung kemih. Urethritis adalah infeksi uretra. Jika tidak ditangani, salah satu dari ini dapat menyebar dan menyebabkan infeksi ginjal.

Baca Juga : Apa Saja Penyebab Sakit Ketika Kencing Pada Pria Dan Wanita

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Saluran Kencing?

Sangat mudah untuk mendapatkan infeksi saluran kencing. Bakteri yang hidup di vagina, alat kelamin, dan area dubur dapat memasuki uretra, perjalanan ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi. hal ini dapat terjadi selama aktifitas seksual ketika bakteri dari alat kelamin seperti anus, jari, atau mainan seks pasangan yang didorong ke uretra Anda.
 
Infeksi saluran kenicng juga bisa disebabkan oleh klamidia, gonore (kencing nanah) atau organisme lain. Meskipun infeksi saluran kencing tidak menyebar dari 1 orang ke orang lain seperti penyakit menular seksual (PMS), berhubungan seks dapat menyebabkan atau memperburuk infeksi saluran kencing.
 
Akan tetapi tidak harus melakukan hubungan seks untuk mendapatkan infeksi saluran kencing. Apapun yang membawa bakteri bersentuhan dengan uretar dapat menyebabkan infeksi saluran kencing. Seseorang yang rentan terhadap infeksi saluran kencing adalah :
 
• Mempunyai riwayat penyakit sebelumnya.
• Menderita diabetes (kencing manis).
• Menggunakan spermisida atau diafragma.
• Memiliki batu ginjal atau penghalang lainnya disaluran kencing.

Apa Saja Gejala Pada Infeksi Saluran Kencing?

Salah satu gejala infeksi saluran kencing yang paling umum adalah kebutuhan yang sering dan mendesak untuk kencing. Dan kemungkinan merasa seperti perlu kencing setiap saat. Gejalanya termasuk :

• Rasa sakit atau terbakar ketika kencing.
• Urine yang berbau tidak sedap.
• Darah atau nanah dalam air seni.
• Nyeri, tekanan atau kram perut bagian bawah, punggung atau samping.

Jika infeksinya masuk ke ginjal, maka gejalanya kemungkinan juga termasuk :

• Nyeri di punggung tengah.
• Demam.
• Panas dingin.
• Mual.
• Muntah.
• Merasa lelah.

Jika memiliki gejala-gejala ini maka konsultasikan dengan dokter. Karena infeksi ginjal serius harus segera ditangani. Gejala-gejala ini tidak selalu disebabkan oleh infeksi slauran kemih. Infeksi lain seperti penyakit kelamin atau vaginitis dapat menyebabkan nyeri atau sering kencing.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Infeksi Saluran Kencing?

Gejala yang menunjukkan infeksi saluran kencing atas atau bawah harus dikonsultasikan dengan dokter. Dokter yang mendiagnosis infeksi saluran kencing berdasarkan gejala atau dengan tes dipstik urine sederhana. Terkadang sampel urine dilakukan analisis di laboratorium untuk menguji dan mengidentifikasi penyebabnya secara spesifik. Oleh karena itu harus segera dicari obat untuk infeksi saluran kencing yang paling efektif.

Obat Untuk Infeksi Saluran Kencing


Ketika gejalanya diketahui maka harus dengan cepat mencari obat untuk infeksi saluran kencing yang efektif. Setelah memastikan memiliki infeksi dengan pemeriksaan sampel urine maka obat untuk infeksi saluran kemih bisa diberikan. Yaitu untuk melawan bakteri tertentu yang menyebabkan infeksi. Selain itu obat untuk infeksi saluran kemih yang paling ampuh adalah dengan minum air mineral dengan volume banyak untuk membantu membersihkan infeksi.

Jika dokter mendiagnosis infeksinya telah menyebar kemungkinan obat untuk infeksi saluran kencing tambahan dilakukan. Seperti tes darah, scan ginjal atau ultrasound. Obat untuk infeksi saluran kencing sangat dianjurkan dan disarankan. Bahkan jika gejalanya telah hilang. Harus tetap mengkonsumsi obat untuk infeksi saluran kencing.

Karena ada kemungkinan bakteri akan tertinggal dan tumbuh lagi dan menyebabkan infeksi lain. Dan kemungkinan akan menjadi kebal terhadap antibiotik yang awalnya digunakan. Obat untuk infeksi saluran kencing lain bisa diresepkan untuk pengobatan antijamur dan memastikan infeksi lain telah ditangani.

Butuh perawatan khusus, segera lakukan konsultasi dengan dokter. Anda tidak perlu khawatir ketika ingin mencari tempat pengobatan yang sesuai. Karena Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik terbaik pengobatan infeksi saluran kencing. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan untuk pertanyaan lainnya, Anda busa bisa menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga : Inilah Bahaya Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.