User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sistitis kronis adalah kondisi yang sangat umum. Sebagian wanita akan mengalami sistitis dalam hidupnya. Sistitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri di kandung kemih dan menyebabkan peradangan dan dalam kebanyakan kasus dapat dengan mudah diobati dengan pengobatan yang ampuh dan efektif.

Sistitis Adalah

Sistitis kronis atau sindrom kandung kemih yang menyakitkan atau kondisi kronis yang menyebabkan tekanan kandung kemih, nyeri kandung kemih dan terkadang nyeri panggul (pelvic). Rasa sakit berkisar dari ketidaknyamanan yang ringan hingga parah. Kandung kemih adalah organ berongga dan berotot yang menyimpan urine.
 
Kandung kemih mengembang sampai penuh dan kemudian memberi sinyal pada otak mengisyaratkan saatnya berkemih, berkomunikasi melalui saraf panggul (pelvic). Dan ini menciptakan rasa ingin kencing pada kebanyakan orang. Dengan sistitis, akan merasa lebih sering kencing dengan volume urine yang lebih kecil. Sistitis kronis paling sering mempengaruhi wanita dan dapat memiliki dampak jangka panjang pada kualitas hidup. Meskipun tidak ada obatnya, obat-obatan dan terapi lain kemungkinan dapat dilakukan.

Apa Penyebab Utama Sistitis Kronis?


Penyebab pasti sistitis kronis tidak diketahui, akan tetapi kemungkinan banyak faktor yang menyebabkannya. Misalnya seseorang dengan sistitis juga kemungkinan memiliki cacat pada lapisan epitel kandung kemih. Kebocoran di epitel memungkinkan zat beracum dalam urine mengiritasi dinding kandung kemih. Faktor-faktor lain namun tidak terbukti termasuk reaksi autoimun, keturunan, infeksi atau alergi.

Baca Juga : Alasan Munculnya Sistitis Pada Wanita

 

Tanda Dan Gejala Sistitis Kronis

Tanda dan gejala sistitis kronis bervariasi dari orang ke orang. Jika menderita sistitis, tanda dan gejalanya juga dapat bervariasi dari waktu ke waktu, muncul secara berkala sebagai respons terhadap pemicu umum seperti menstruasi, duduk yang terlalu lama, olahraga dan aktifitas seksual lainnya. Tanda dan gejalanya dapat meliputi:
 
• Nyeri di panggul (pelvic) atau diantara vagina dan anus pada wanita.
• Nyeri di antara skrotum dan anus pada pria (perineum).
• Nyeri panggul (pelvic) kronis.
• Kencing yang mendesak.
• Sering kencing.
• Terasa nyeri atau ketidaknyamanan saat kandung kemih terisi dan lega setelah kencing.
• Nyeri saat berhubungan seksual.
 
Tingkat keparahan gejala berbeda untuk semua orang dan beberapa orang kemungkinan mengalami periode tidak ada gejala. Walupun tanda dan gejalanya kemungkinan menyerupai tanda infeksi saluran kemih (ISK) kronis, biasanya tidak ada infeksi. Namun gejalanya dapat memburuk jika seseorang dengan sistitis mengalami infeksi saluran kemih (ISK).

Bagaimana Sistitis Didiagnosis?


Untuk mendiagnosis sistitis yaitu dengan cara:

• Riwayat Medis Mengenai Kandung Kemih
Riwayat kandung kemih dengan mencatata volume cairan yang dikonsumsi dan volume urine yang keluar.

• Tes Atau Uji Panggul (Pelvic)
Selama pemeriksaan panggul (pelvic), memeriksa alat kelamin luar, vagina dan serviks (leher rahim) dan merasakan perut dengan organ-organ panggul (pelvic) internal dan kemungkinan juga harus memeriksa anus atau dubur.

• Tes Atau Uji Urine
Sampel urine dianalisis untuk mencari tanda-tanda infeksi saluran kemih (ISK).

• Sistoskopi
Dengan memasukkan tabung tipis dengan Cystoscope melalui uretra, untuk menunjukkan lapisan kandung kemih. Juga dapat dengan menyuntikkan cairan ke dalam kandung kemih untuk mengatur kapasitan kandung kemih atau disebut hidrodistensi setelah mati rasa dengan bius untuk membuat lebih nyaman.

• Biopsi
Selama sistoskop dengan anestesi, dokter dapat mengambil sampel jaringan (biopsi) dari kandung kemih dan uretra untuk dilakukan pemeriiksaan dibawah mikroskop. Ini untuk memeriksa kanekr kandung kemih dan penyebab lain dari nyeri kandung kemih.

• Sitologi Urine
Dengan mengumpulkan sampel urine dan melakukan pemeriksaan sel untuk membantu menyingkirkan kanker.

Cara Mengobati Sistitis Pada Wanita


Tidak ada pengobatan sederhana yang dapat menghilangkan tanda dan gejala sistitis dan tidak ada pengobatan yang dapat bekerja untuk semua orang. Maka harus melakukan konsultasi untuk berbagai pengobatan atau kombinasi pengobatan untuk mengurangi tanda dan gejala yang ada. Sistitis ringan tidak selalu harus memerlukan pengobatan medis.

Dalam kebanyakan kasus biasanya hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, namun saat menderita sistitis Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter. Dan melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosisnya dan melakukan pengobatan untuk menyembuhkannya. Segera hubungi kami Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan sistitis. Pengobatan yang dilakukan sangat aman dan terpercaya. Konsultasi online bisa melalui dibawah ini atau dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 .

Baca Juga : Sistitis Adalah Peradangan Kandung Kemih

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.