User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Resiko radang panggul mengacu pada infeksi rahim, saluran tuba atau tabung yang membawa telur dari ovarium ke rahim dan organ reproduksi lainnya yang menyebabkan gejala seperti sakit perut bagian bawah. Ini adalah resiko radang panggul serius dari beberapa penyakit menular seksual (PMS) terutama klamidia dan gonore (kencing nanah).

Resiko radang panggul dapat merusak tuba fallopi dan jaringan di dalam dan di dekat rahim dan ovarium. Radang panggul dapat menyebabkan konsekuensi serius termasuk infertilitas atau kemandulan, kehamilan ektopik (kehamilan di tuba fallopi atau di area lain di luar rahim), pembentukan abses dan nyeri panggul (pelvic) kronis.

Apa Yang Dimaksud Dengan Radang Panggul?

Resiko radang panggul mengacu pada infeksi akut pada stuktur saluran genital bagian atas pada wanita yang melibatkan sebagian atau seluruh rahim, saluran telur dan ovarium. Sering disertai dengan keterlibatan organ panggul (pelvic) yang berdekatan. Radang panggul ditularkan secara seksual dan naik ke saluran genital atas, membedakannya dari infeksi panggul (pelvic) yang disebabkan oleh prosedur medis trans serviks (leher rahim), kehamilan dan prostat perut primer lainnya yang dapat meluas ke organ panggul (pelvic).

Apa Penyebab Dan Resiko Radang Panggul Wanita?


Radang panggul disebabkan oleh hubungan seks vaginal dengan pasangan yang terinfeksi gonore (kencing nanah) atau klamidia. Semakin banyak pasangan seksual yang dimiliki seorang wanita, maka semakin besar resiko radang panggul. Radang panggul adalah perkembangan umum dari infeksi baik klamidia, gonore (kencing nanah) atau dalam kasus yang jarang terjadi yaitu bakteri vaginosis.

Pengobatan yang cepat dan tepat dapat membantu mencegah resiko radang panggul termasuk kerusakan permanen pada organ reproduksi wanita. Bakteri penyebab infeksi dapat menyerang saluran tuba dan menyebabkan jaringan normal berubah menjadi jaringan parut. Jaringan parut ini menghalangi atau mengganggu pergerakan normal terlur ke dalam rahim.

Jika saluran tuba tersumbat oleh jaringan parut, sperma tidak dapat membuahi sel telur dan wanita tersebut menjadi mandul. Infertilitas atau kemandulan juga dapat terjadi jika saluran tuba tersumbat sebagian atau bahkan sedikit rusak. Sebagian wanita dengan resiko radang panggul dapat menjadi tidak subur.

Selain itu, tuba fallopi yang tersumbat sebagian atau sedikit rusak dan menyebabkan telur yang dibuahi tetap berada dalam tuba fallopi. Jika telur yang dibuahi muncul dan tumbuh di dalam tabung dan berada di dalam rahim itu di sebut kehamilan ektopik. Pertumbuhannya kehamilan ektopik dapat menghancurkan tuba fallopi yang menyebabkan rasa sakit yang hebat, perdarahan internal dan bahkan kematian.

Jaringan parut di tuba fallopi dan struktur panggul (pelvic) lainnya dapat menyebabkan nyeri panggul (pelvic) kronis yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Wanita dengan radang panggul berulang-ulang kemungkinan menderita infertilitas atau kemandulan, kehamilan ektopik dan nyeri panggul (pelvic) kronis.

Baca Juga : Penyakit Radang Panggul Parah Pada Wanita

 

Apa Saja Tanda Dan Gejalanya?

Gejala utama radang panggul adalah nyeri perut bagian bawah yang sedang hingga parah. Gejala lain termasuk:
 
• Keputihan meningkat atau abnormal (tidak normal) dengan atau tanpa bau.
• Perdarahan antara periode teratur atau tidak teratur.
• Kesulitan untuk hamil (infertilitas).
• Menstruasi yang menyakitkan dengan gejala yang memburuk dengan periode yang berturut-turut.
• Sering kencing yang menyakitkan.
• Demam.
• Nyeri selama dan setelah berhubungan seksual.
• Nyeri di perut kanan atas.
• Gerakan usus yang menyakitkan.
 
Pada kebanyakan wanita tidak memiliki gejala dan tidak menyedari saat radang panggul berkembang. Ini sangat umum terutama pada radang panggul akibat infeksi klamidia.

Lalu, Bagaimana Cara Mendiagnosis Radang Panggul Tersebut?


Radang panggul sulit didiagnosis karena gejalanya kemungkinan disebabkan oleh kondisi lain. Meskipun laparoskopi adalah metode definitif untuk mendiagnosis radang panggul, ini adalah prosedur bedah invasif dan seringkali tidak diperlukan. Bisanya hanya dilakukan untuk mengkonfirmasi diagnosis atau mengevaluasi komplikasi seperti abses tuboovarian. Sebagian besar kasus didiagnosis berdasarkan pemeriksaan panggul (pelvic) sederhana dan kultur serviks (leher rahim).

Selama pemeriksaan panggul (pelvic), dokter harus menemukan rasa sakit dan pembengkakannya. Sampel cairan dari vagina dan serviks (leher rahim) dikumpulkan dan di analisis di laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan inefeksi menular seksual (IMS) terutama klamidia atau gonore (kencing nanah). Sel darah putih serviks (leher rahim) dan vagina juga dapat menunjukkan radang panggul. Jika pemeriksaan fisik menunjukkan adanya radang panggul, pengobatan harus segera dilakukan.

Inilah Pengobatan Umum Untuk Radang Panggul Wanita


Bakteri yang menyebabkan radang panggul dapat diobati dan disembuhkan dengan pengobatan antibiotik yang diberikan secara oral atau intravena. Kerusakan yang disebabkan oleh jaringan parut dari radang panggul kemungkinan tidak dapat dikembalikan seperti sedia kala. Sebagian wanita dengan radang panggul harus melakukan pengobatan sesegera mungkin.

Pengobatan ini terdapat di Klinik Utama Gracia. Klinik ini sangat aman dan terpercaya untuk pengobatan radang panggul setiap wanita. Selain itu menangani penyakit andrologi, ginekologi dan PMS atau IMS lainnya juga. Ditangani langsung oleh dokter ahli yang bersangkutan. Biayanya juga sangat terjangkau. Tunggu apalagi segera hubungi kontak 081336361555 atau dengan mengkonsultasikannya dibawah ini.

Baca Juga : Kenali Tanda Umum Radang Panggul Pada Remaja

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.