User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive


Infeksi saluran kemih ataupun yang biasanya dikenal sebagai anyang-anyangan adalah infeksi yang umumnya terjadi pada bagian sistem kemih, akan tetapi sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah.

Dan ternyata infeksi saluran kemih diberikan dengan nama yang berbeda tergantung dari mana mereka terjadi seperti: infeksi kandung kemih yang diberi nama sistitis, sedangkan infeksi yang terjadi di Uretra diberi nama uretritis dan infeksi ginjal diberi nama pielonefritis.

Perlu Anda ketahui bahwa infeksi saluran kemih disebabkan oleh mikroba seperti bakteri Escherichia coli atau E Coli yang umumnya hidup di saluran pencernaan dan diperkirakan bakteri ini masuk ke dalam saluran uretra seseorang ketika kurang baik dalam melakukan pembersihan setelah buang air kecil maupun ketika buang air besar, sehingga bakteri tersebut dapat mempengaruhi ginjal, kandung kemih, dan tabung yang mengalir di antara keduanya.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Orang Dewasa

Mengkonsumsi Antibiotik Resep Dokter

Cara mengobati infeksi saluran kencing pada orang dewasa biasanya diobati dengan cara mengkonsumsi antibiotik dari resep dokter, karena biasanya infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri dan bakteri E Coli paling sering diobati dengan antibiotik atau antimikroba.

Namun perlu Anda ketahui bahwa jenis pengobatan dan lama pengobatan akan tergantung pada gejala dan riwayat pasien terhadap infeksi ini, selain itu pengobatan lengkap juga harus selalu dilakukan untuk penderita ISK untuk memastikan bahwa infeksi benar-benar hilang.

Selain itu ada baiknya Anda meminum antibiotik setelah melakukan hubungan badan karena hubungan badan sering memicu ISK pada wanita dengan infeksi berulang atau minum antibiotik hanya jika Anda mengalami gejala. Namun ada baiknya bicarakan dengan dokter Anda tentang pengobatan mana yang paling tepat untuk Anda.

Minum Banyak Air Putih

Tahukah Anda bahwa ternyata dengan meminum banyak air putih, terutama selama 24 jam pertama setelah gejala ISK muncul akan sangat membantu untuk membuat urin kurang terkonsentrasi dan membersihkan bakteri penyebab infeksi ISK?

Akan tetapi hal ini dapat mengubah beberapa mekanisme pertahanan normal pada tubuh Anda, tetapi kebanyakan dokter akan menyarankan untuk minum banyak cairan saat Anda terkena ISK dan beberapa orang juga minum jus cranberry.

Selain minum banyak air putih, sering buang air kecil juga selalu disarankan untuk orang yang menderita ISK karena hal ini dapat membantu untuk menghalau bakteri jahat agar keluar dari dalam tubuh.

Berbagai obat pereda nyeri mungkin diresepkan dari dokter untuk mengurangi rasa sakit dan dengan menerapkan bantalan pemanas ke belakang atau perut juga bisa sangat membantu untuk mengurangi gejala ISK.

Mengkonsumsi Makanan Sumber Probiotik

Cara mengobati infeksi saluran kemih selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sumber probiotik untuk mempromosikan pencernaan dan kekebalan tubuh yang sehat, dan mungkin efektif dalam mengobati dan mencegah ISK.

Fungsi Probiotik adalah untuk membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas, sampai mengembalikan bakteri baik dan mengurangi gejala infeksi saluran kemih.

Dan memang Probiotik ada secara natural di tubuh kita akan tetapi Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan, minuman seperti yogurt ataupun Probiotik dalam bentuk suplemen.

Mengkonsumsi Cuka Sari Apel

Tahukah Anda bahwa ternyata cuka sari apel dapat membuat asam urin dan menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga hal ini dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati infeksi saluran kencing karena dapat memudahkan penggumpalan bakteri dari saluran kemih.

Akan tetapi Anda perlu perhatikan bahwa cuka sangat asam bisa merusak enamel gigi, jadi jangan menggunakannya sebagai terapi jangka panjang dan ada baiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan cuka sari apel jika Anda minum obat diabetes atau penyakit jantung.

Mengkonsumsi Banyak Vitamin C

Ternyata dengan meningkatkan asupan vitamin C Anda dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih, karena vitamin C bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda bisa melawan infeksi saluran kemih.

Bagaimanakah Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih?

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko pengembangan ISK, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Minum banyak air putih dan sering buang air kecil
  • Hindari meminum cairan seperti alkohol dan kafein yang bisa mengiritasi kandung kemih
  • Segeralah berkemih sesaat setelah Anda melakukan hubungan badan
  • Bersihkan Miss V dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil ataupun setelah buang air besar
  • Jaga kebersihan area alat kelamin
  • Hindari menggunakan spermisida yaitu zat yang dapat membunuh atau merusak sel sperma sehingga tidak lagi bisa membuahi sel telur untuk pengendalian kelahiran
  • Hindari menggunakan penggunaan produk wangi di daerah kelamin wanita
  • Pakailah celana dalam katun dan pakaian longgar agar daerah sekitar uretra kering

Memang ISK sangat menyakitkan, namun dengan pengobatan yang tepat Anda bisa mengatasi infeksi dan mencegah infeksi berulang, sehingga ada baiknya konsultasikan penyakit tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia dengan cara klik gambar dibawah ini atau anda bisa menghubungi kami di 081336361555 jika Anda memiliki gejala ISK.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

cara menyembuhkan anyang-anyangan

Sering merasakan selalu ingin kencing, tetapi frekuensi air urin yang keluar sedikit? Mungkinkah itu gejala anyang-anyangan. Apakah anda sudah tahu apa itu anyang-anyangan? Anyang-anyangan adalah kondisi selalu ingin buang air kecil, tetapi jumlah air urine yang keluar cukup sedikit, dan menyebabkan anda merasakan rasa sakit saat buang air kecil. Pasti anda ingin tahu cara menyembuhkan anyang-anyangan yang menganggu tersebut.

Kondisi tersebut tentunya sering membuat anda merasa tidak nyaman, apa lagi akan menganggu aktivitas harian anda. Segeralah untuk mengatasi anyang-anyangan, supaya anda bisa segera sembuh dari anyang-anyangan.

Apa itu Anyang-anyangan?

Anyang-anyangan adalah kondisi dimana saluran kencing (uretra) terinfeksi oleh virus penyebab anyang-anyangan. Kondisi ini tentunya membuat banyak penderitanya merasa kesulitan saat ingin buang air kecil. Anyang-anyangan lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria. Kondisi tersebut dikarenakan saluran kencing pada wanita lebih pendek dibandingkan pada pria.

Gejala Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan juga menimbulkan beberapa gejala yang akan menyebabkan anda merasa tidak nyaman dalam kondisi yang sedang anda alami. Terkadang anyang-anyangan bisa sangat menganggu, terlebih ketika anyang-anyangan membuat anda sulit dalam melakukan aktivitas apapun.

  • Ingin Selalu buang air kecil
  • Jumlah urine yang keluar amat sedikit
  • Jika pada pria, biasanya menyebabkan anus terasa sakit
  • Air urine yang keluar memiliki bau yang menyengat
  • Warna urine lebih pekat.
  • Sering merasa lelah

Jika anda sudah menemukan gejala tersebut, sebaiknya segera mencari cara menyembuhkan anyang-anyangan. Sebelum anyang-anyangan yang anda alami mengalami komplikasi pada organ kemih anda lainnya, seperti menyerang ginjal.

Cara Menyembuhkan Anyang-Anyangan

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi anyang-anyangan yang menyerang. Bahan-bahan tersebut sangat mudah anda temukan, berikut bahan-bahan yang bisa anda manfaatkan untuk menyembuhkan anyang-anyangan.

Air Putih

Obat alami pertama yang bisa anda gunakan adalah air putih. Air putih sangat berkhasiat untuk mengatasi anyang-anyangan. Anda yang sedang mengalami anyang-anyangan, sebaiknya segeralah untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih. Karena air putih dapat membantu anda dalam membuang bakteri-bakteri yang tersimpan di dalam tubuh.

Jahe

Jahe memang cukup berkhasiat dalam mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Termasuk dalam menyembuhkan anyang-anyangan dari dalam tubuh anda. Khasiat jahe yang bisa menjadi antibakteri, sangat baik untuk membunuh kuman penyebab anyang-anyangan.

Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk  mengatasi berbagai penyakit. Anda bisa menyembuhkan anyang-anyangan dengan mengunakan gel lidah buaya yang anda jus. Minumlah jus lidah buaya dua kali dalam sehari.

Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah pada tubuh, salah satunya untuk mengobati anyang-anyangan. Anda hanya cukup meminum air rebusan kunyit untuk mengatasi anyang-anyangan yang anda alami.

Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Bakteri penyebab anyang-anyangan akan tidak betah ketika anda memperbanyak mengkonsumsi vitamin C. Jika anda mengkonsumsi cukup banyak vitamin C, maka kadar air urin akan lebih asam dan menyebabkan pertumbuhan bakteri terhambat. Vitamin C menjadi pilihan yang paling tepat sebagai cara menyembuhkan anyang-anyangan.

Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Anyang-Anyangan

Saat anda ingin mencari cara menyembuhkan anyang-anyangan, maka cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan hal tersebut dengan menghindari makanan dan minuman penyebab anyang-anyangan. Seperti makanan junk food, alkohol, dan kafein yang hanya dapat memperparah kondisi anyang-anyangan yang anda alami.

Apabila anda telah mengkonsumsi bahan-bahan alami tersebut, namun anyang-anyangan tidak juga sembuh. Maka cara selanjutnya adalah dengan berkonsultasi medis dalam mengatasi anyang-anyangan. Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk menyembuhkan anyang-anyangan yang anda alami.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Anda sering mendengar penyakit infeksi kandung kemih. Tetapi apakah anda sudah tahu fungsi kandung kemih? Apakah mungkin anda tidak mengetahui apa itu kandung kemih. Padahal kandung kemih menjadi salah satu bagian dari organ reproduksi yang berperan cukup penting. Saking pentingnya, banyak orang yang tidak menyadari fungsi dari kandung kemih.

Kandung kemih terletak di antara vagina dengan rahim pada wanita, sedangkan pada pria terdapat di dekat kelenjar prostat. Kandung kemih memiliki ukuran sebesar jeruk limau. Kandung kemih ini sebagai tempat penyimpanan air urine dari dalam tubuh. Uretra dapat di tamping selama dua hingga lima jam disimpan di kandung kemih. Dalam menampung air urine, kandung kemih mampu menampung 400 ml hingga 600 ml air urine.

Posisi kandung kemih berada di dekat panggul, tepat di atas dan dibagian belakang tulang alat kelamin manusia. Ginjal akan memproduksi air urine, sebelum dialirkan ke kandung kemih melalui ureter. Kandung kemih dilapisi oleh jaringan otot yang membentang.

Fungsi Kandung Kemih

Kandung kemih manusia memiliki fungsi yang cukup penting, terdapat lima fungsi kandung kemih yang harus anda ketahui. Fungsinya pun cukup penting dalam tubuh manusia, sebelum menggeluarkan air urine dari dalam tubuh manusia. Setidaknya ada lima fungsi dari kandung kemih pada manusia.

Sebagai Tempat Penyimpanan Urine

Urine yang belum dikeluarkan, akan disimpan pada kandung kemih. Urine merupakan cairan yang di produksi oleh ginjal. Setelah ginjal menggeluarkan, maka urine akan berjalan menuju ureter terlebih dahulu sebelum menuju ke kandung kemih untuk disimpan sementara.

Mencegah Tekanan Di Dalam Kandung Kemih

Karena ginjal selalu menggeluarkan air atau cairan air seni setiap 10-15 detik sekali, maka untuk mencegah terjadinya tekanan di dalam, kandung kemih akan mencegah terjadinya tekanan dengan mampu menyimpan air seni cukup banyak.

Mengirimkan Sinyal Jika Kandung Kemih Sudah Penuh

Kandung kemih akan mengirimkan sebuah sinyal ketika ia sudah penuh. Sinyal tersebut akan terasa pada manusia dengan tanda, ia ingin melakukan buang air kecil. Kandung kemih akan mampu menampung air seni selama dua hingga lima jam.

Membantu Agar Urine Tidak Keluar Sendiri

Setelah mengirimkan sinyal kepada otak melalui rasa ingin buang air kecil, maka kandung kemih akan berfungsi untuk menghindari urine keluar sendiri dari kandung kemih, meskipun ia sudah penuh. Sehingga kandung kemih dapat menahan lajunya air seni agar tidak keluar agar di buang oleh tubuh.

Membantu Proses Pembuangan Air Seni

Saat anda akan melakukan buang air kecil, maka otot-otot yang terdapat pada kandung kemih akan melakukan kontraksi. Kontraksi ini terjadi untuk memudahkan dalam menggeluarkan urine, dan menjaga urine agar dapat keluar pada tempatnya dan saat memang harus dikeluarkan.

Masalah Pada Kandung Kemih

Fungsi kandung kemih memang memiliki peran yang cukup penting. Selain itu, kandung kemih pun sangat rentan terhadap infeksi. Yakni terdapatnya peradangan pada kandung kemih yang terjadi pada tubuh seseorang. Infeksi terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih.

Umumnya infeksi kandung kemih akan menimbulkan beberapa gejala umum pada tubuh anda. Gejalanya pun terkadang sangat biasa, sehingga sering diabaikan jika hal tersebut merupakan tanda adanya masalah pada kandung kemih.

Gejala yang umum ketika kandung kemih terinfeksi adalah tubuh terasa lemah, timbul rasa sakit ketika melakukan buang air kecil, selalu ingin buang air besar, dan urine selalu muncul dengan lebih pekat. Terkadang, infeksi saluran kemih membuat penderitanya akan kehilangan nafsu makan.

Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

Kandung kemih memang memiliki fungsi sebagai penyimpanan air seni sebelum di keluarkan. Tetapi penyimpanan air seni pada kandung kemih memiliki batasan, sehingga jika terlalu sering menahan untuk buang air kecil akan menyebabkan masalah pada kandung kemih.

Ketika anda ingin buang air kecil, maka lakukan segera. Hal ini akan membantu dalam menjaga kesehatan kandung kemih anda, dan anda dapat terhindar dari infeksi pada kandung kemih. Segeralah periksakan ke Klinik Utama Gracia ketika anda merasakan bahwa kandung kemih anda bermasalah.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Salah satu masalah yang sering terjadi pada pria dan wanita adalah sering buang air kecil. Meskipun kondisi ini sesuatu yang wajar, namun jika dalam satu jam kamu bisa buang air kecil lebih dari tiga kali maka itu bukanlah kondisi yang wajar. Kamu harus mencari cara mengatasi sering buang air kecil yang kamu alami.

Jika kamu memang orang yang doyan minum, dan dalam waktu setengah jam dapat minum lebih dari dua gelas, maka hal tersebut mungkin menjadi hal yang wajar kalau kamu sering melakukan buang air kecil. Tetapi, jika kamu tidak banyak mengkonsumsi air putih tapi kamu sering buang air kecil mungkin itu menjadi pertanda ada gangguan pada organ kencing kalian.

Kita akan memberikan kepada kamu, tentang bagaimana cara mengatasi sering buang air kecil dengan trik sederhana. Tentunya sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasinya, mungkin anda harus tahu apa saja penyebab dari sering buang air kecil itu sendiri.

Penyebab Sering Buang Air Kecil

Infeksi Saluran Kencing (ISK)

Salah satu penyebab anda sering buang air kecil adalah gejala dari ISK. ISK merupakan kondisi dimana saluran kencing anda terkena infeksi bakteri yang menyerang, sehingga menyulitkan anda untuk berkemih, dan membuat anda selalu ingin buang air kecil.

Diabetes

Penyakit lain yang sering menyebabkan seorang sering kencing adalah diabetes. Penyakit gula darah ini tentunya menyebabkan anda mengalami sering kencing. Terutama ketika malam hari, sehingga menganggu tidur anda di malam hari.

Masalah Prostat

Penyakit lain yang sering menyebabkan seorang sering buang air kecil adalah masalah prostat. Kondisi tersebut membuat anda akan sering bolak-balik ke kamar mandi hanya untuk buang air kecil. Tentunya kondisi seperti ini akan sangat melelahkan bagi anda.

 

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil

Tomat

Kamu pasti tahu apa itu tomat, yah buah yang biasa di jadikan sayur ini sering kita konsumsi. Ternyata buah tomat ini memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan kita. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah sering kencing. Tomat juga terbukti manfaat untuk mengatasi prostat, hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan vitamin, anti inflamasi, dan antioksidan yang sangat baik untuk diri kita.

Bayam

Sayuran yang satu ini mungkin sering kamu makan, ternyata bayam sangat baik untuk mengatasi masalah sering buang air kecil. Caranya anda cukup mengkonsumsi bayam rebus setiap hari untuk memudahkan aliran urine.

Senam Kegel

Hal lain yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi sering buang air kecil adalah dengan senam kegel. Karena senam kegel dapat memperkuat panggul pria dan wanita, serta membantu organ-organ disekitar panggul untuk lebih sehat. Termasuk untuk memperbaiki urethra yang mengalami masalah.

Olahraga

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sering buang air kecil adalah dengan berolahraga. Karena berolahraga dapat mengontrol keluarnya urine dari saluran kencing,

Buah Delima

Makanan lain yang dapat kamu jadikan obat untuk mengatasi sering buang air kecil adalah buah delima. Kamu dapat mengkonsumsi buahnya, maupun mengkonsumsi kulit buah delima sebagai obat mengatasi sering kencing. Cobalah konsumsi buah delima hingga anda sembuh dari sering buang air kecil.

Apabila cara-cara diatas sudah kamu lakukan, namun kamu masih tetap merasakan sering buang air kecil, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan. Kamu bisa melakukan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia atau dengan mengklik banner dibawah ini. Anda juga bisa melakukan konsultasi online dengan cara menghubungi kami di 081336361555.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Kamu pasti pernah mengalami sering untuk pipis. Jika pipis yang kamu lakukan setiap satu jam atau dua jam sekali mungkin itu masih dalam kondisi yang normal. Tetapi jika setiap 15-20 menit sekali kamu harus pipis dan pipis kamu disertai rasa sakit, mungkin kamu sedang mengalami anyang-anyangan. Lalu bagaimana cara menghilangkan anyang-anyangan.

Anyang-anyangan kalo dalam bahasa medis sering disebut sebagai Infeksi saluran kemih atau ISK. Kondisi tersebut akan membuat kamu merasa lelah dan tidak nyaman tentunya. Maka anyang-anyangan tersebut harus segera kamu atasi dan kamu bisa pulih dari kondisi tersebut.

Penyebab Anyang-Anyangan

Saat kamu menderita anyang-anyangan, maka itu merupakan kondisi yang cukup membuat anda merasa tidak nyaman. Banyak penderitanya yang mengeluhkan kondisi tersebut, tanpa mau melakukan pengobatan dan juga tanpa mencari tahu apa penyebab dari anyang-anyangan tersebut. Padahal kondisi anyang-anyangan sangat menganggu kondisi tubuh kamu dan menyebabkan kamu merasa terganggu serta kelelahan hanya karena harus terus menerus keluar masuk kamar mandi.

Anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri. Bakteri tersebut dikenal dengan sebutan bakteri Eschericia Coli atau E.Coli. pastinya kamu saat duduk di bangku sekolah dulu sering mendengar bakteri tersebut bukan. Tetapi mungkin kamu sudah lupa apa yang terjadi jika bakteri itu masuk ke dalam tubuh kamu.

Salah satu kondisi yang akan kamu alami ketika bakteri tersebut masuk kedalam tubuh kamu adalah kesulitan ketika ingin pipis serta pipis kamu akan sangat menyakitkan, bahkan bisa membuat kamu malas untuk bolak-balik ke kamar mandi hanya untuk pipis.

Cara Menghilangkan Anyang-Anyangan

Duh, kamu pasti sudah terlalu lelah dengan anyang-anyangan yang sedang kamu alami. Rasanya kamu ingin sekali sembuh dari penyakit yang satu ini. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara agar anyang-anyangan yang kamu alami dapat pergi dari tubuh kamu. Jadi kamu tidak perlu lagi terlalu mengkhawatirkan kondisi yang kamu alami tersebut.

Minum Air Putih

Sering meminum air putih menjadi satu cara menghilangkan anyang-anyangan yang paling ampuh yang bisa kamu lakukan. Ketika kamu mengalami anyang-anyangan, maka perbanyaklah untuk mengkonsumsi air putih, karena dengan mengkonsumsi air putih tubuh kamu dapat membuang bakteri-bakteri yang ada didalam tubuh, termasuk bakteri penyebab anyang-anyangan. Cukup dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 liter per hari akan cukup membantu kamu dalam menyembuhkan anyang-anyangan.

Vitamin C

Saat kamu menderita anyang-anyangan segeralah perbanyak konsumsi vitamin C. Dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup banyak maka akan menyebabkan air urine menjadi lebih asam. Dengan air urine yang asam maka itu dapat membuat bakteri tidak betah berada didalam tubuh kamu. maka sebaiknya kamu perbanyak mengkonsumsi vitamin C tersebut.

Kompres

Kamu bisa mengkompres bagian kemaluan kamu dengan air panas atau menggunakan kompres panas. Karena kompres panas dapat membantu anda untuk mematikan bakteri didalam tubuh. Tentunya ketika anda mengkompres tidak perlu lama, cukup hanya dengan melakukan kompres selama 10-15 menit untuk menghindari luka bakar.

Jangan Menahan Untuk Pipis

Salah satu yang menyebabkan anda mengalami anyang-anyangan adalah sering menahan pipis. Dengan sering menahan pipis maka akan mengalami penumpukan bakteri, sehingga menyebabkan kamu mengalami anyang-anyangan. Cobalah untuk tidak menahan pipis agar kamu terhindar dari anyang-anyangan.

Selalu Menjaga Kebersihan Alat Kelamin

Bakteri penyebab anyang-anyangan juga bisa terserang akibat tidak menjaga kebersihan kelamin dengan benar. Seperti halnya wanita yang lebih sering mengalami anyang-anyangan. Cara terbaik cobalah untuk menjaga setiap kebersihan dari alat kelamin, sehingga tidak ada bakteri yang masuk kedalam tubuh anda.

Lima cara tersebut merupakan cara yang paling mudah yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan anyang-anyangan. Jika kamu ingin melakukan pemeriksaan dan konsultasi medis mengenai anyang-anyangan, maka kamu bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk menghilangkan anyang-anyangan yang kamu alami.