User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 


Infeksi saluran kemih ataupun yang biasanya dikenal sebagai anyang-anyangan adalah infeksi yang umumnya terjadi pada bagian sistem kemih, akan tetapi sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah.

Dan ternyata infeksi saluran kemih diberikan dengan nama yang berbeda tergantung dari mana mereka terjadi seperti: infeksi kandung kemih yang diberi nama sistitis, sedangkan infeksi yang terjadi di Uretra diberi nama uretritis dan infeksi ginjal diberi nama pielonefritis.

Perlu Anda ketahui bahwa infeksi saluran kemih disebabkan oleh mikroba seperti bakteri Escherichia coli atau E Coli yang umumnya hidup di saluran pencernaan dan diperkirakan bakteri ini masuk ke dalam saluran uretra seseorang ketika kurang baik dalam melakukan pembersihan setelah buang air kecil maupun ketika buang air besar, sehingga bakteri tersebut dapat mempengaruhi ginjal, kandung kemih, dan tabung yang mengalir di antara keduanya.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Orang Dewasa

Mengkonsumsi Antibiotik Resep Dokter

Cara mengobati infeksi saluran kencing pada orang dewasa biasanya diobati dengan cara mengkonsumsi antibiotik dari resep dokter, karena biasanya infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri dan bakteri E Coli paling sering diobati dengan antibiotik atau antimikroba.

Namun perlu Anda ketahui bahwa jenis pengobatan dan lama pengobatan akan tergantung pada gejala dan riwayat pasien terhadap infeksi ini, selain itu pengobatan lengkap juga harus selalu dilakukan untuk penderita ISK untuk memastikan bahwa infeksi benar-benar hilang.

Selain itu ada baiknya Anda meminum antibiotik setelah melakukan hubungan badan karena hubungan badan sering memicu ISK pada wanita dengan infeksi berulang atau minum antibiotik hanya jika Anda mengalami gejala. Namun ada baiknya bicarakan dengan dokter Anda tentang pengobatan mana yang paling tepat untuk Anda.

Minum Banyak Air Putih

Tahukah Anda bahwa ternyata dengan meminum banyak air putih, terutama selama 24 jam pertama setelah gejala ISK muncul akan sangat membantu untuk membuat urin kurang terkonsentrasi dan membersihkan bakteri penyebab infeksi ISK?

Akan tetapi hal ini dapat mengubah beberapa mekanisme pertahanan normal pada tubuh Anda, tetapi kebanyakan dokter akan menyarankan untuk minum banyak cairan saat Anda terkena ISK dan beberapa orang juga minum jus cranberry.

Selain minum banyak air putih, sering buang air kecil juga selalu disarankan untuk orang yang menderita ISK karena hal ini dapat membantu untuk menghalau bakteri jahat agar keluar dari dalam tubuh.

Berbagai obat pereda nyeri mungkin diresepkan dari dokter untuk mengurangi rasa sakit dan dengan menerapkan bantalan pemanas ke belakang atau perut juga bisa sangat membantu untuk mengurangi gejala ISK.

Mengkonsumsi Makanan Sumber Probiotik

Cara mengobati infeksi saluran kemih selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sumber probiotik untuk mempromosikan pencernaan dan kekebalan tubuh yang sehat, dan mungkin efektif dalam mengobati dan mencegah ISK.

Fungsi Probiotik adalah untuk membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas, sampai mengembalikan bakteri baik dan mengurangi gejala infeksi saluran kemih.

Dan memang Probiotik ada secara natural di tubuh kita akan tetapi Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan, minuman seperti yogurt ataupun Probiotik dalam bentuk suplemen.

Mengkonsumsi Cuka Sari Apel

Tahukah Anda bahwa ternyata cuka sari apel dapat membuat asam urin dan menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga hal ini dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati infeksi saluran kencing karena dapat memudahkan penggumpalan bakteri dari saluran kemih.

Akan tetapi Anda perlu perhatikan bahwa cuka sangat asam bisa merusak enamel gigi, jadi jangan menggunakannya sebagai terapi jangka panjang dan ada baiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan cuka sari apel jika Anda minum obat diabetes atau penyakit jantung.

Mengkonsumsi Banyak Vitamin C

Ternyata dengan meningkatkan asupan vitamin C Anda dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih, karena vitamin C bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda bisa melawan infeksi saluran kemih.

Bagaimanakah Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih?

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko pengembangan ISK, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Minum banyak air putih dan sering buang air kecil
  • Hindari meminum cairan seperti alkohol dan kafein yang bisa mengiritasi kandung kemih
  • Segeralah berkemih sesaat setelah Anda melakukan hubungan badan
  • Bersihkan Miss V dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil ataupun setelah buang air besar
  • Jaga kebersihan area alat kelamin
  • Hindari menggunakan spermisida yaitu zat yang dapat membunuh atau merusak sel sperma sehingga tidak lagi bisa membuahi sel telur untuk pengendalian kelahiran
  • Hindari menggunakan penggunaan produk wangi di daerah kelamin wanita
  • Pakailah celana dalam katun dan pakaian longgar agar daerah sekitar uretra kering

Memang ISK sangat menyakitkan, namun dengan pengobatan yang tepat Anda bisa mengatasi infeksi dan mencegah infeksi berulang, sehingga ada baiknya konsultasikan penyakit tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia dengan cara klik gambar dibawah ini atau anda bisa menghubungi kami di 081336361555 jika Anda memiliki gejala ISK.